Tips Memilih Soundcard untuk Rekaman

#FrenInfo

Masih bingung nentuin soundcard yang sesuai kebutuhan kamu?

Coba simak tips-tips berikut ini ya!

Pastikan sesuai dengan kebutuhanmu. Coba pikirkan kebutuhan kayak apa yang kamu butuhin sebelum kamu pilih Soundcard. Jangan berdasarkan karena merknya aja. Kamu butuh buat bikin rekaman full band secara live atau sekedar buat bikin demo?

Koneksi. Koneksi di sini maksudnya adalah koneksi yang sesuai dengan apa yang PC/Laptop kamu miliki dengan audio interface yang bakal kamu beli. Misalnya USB, PCI, FireWire, thunderbolt dan lain-lain.

IO/Input РOutput. Pastikan berapa channel yang kamu butuhkan. Misalnya kalau mau merekam full band secara live,  maka kamu perlu audio interface yang punya input kurang lebih 16 channel.

Sound Quality. Agak sulit untuk membedakan kualitas sound dari audio interface dari masing-masing merk yang ada di market utama untuk orang awam. Karena saat ini tidak sedikit audio interface (khususnya audio interface yang lebih murah) yang berani mengeluarkan fitur-fitur layaknya audio interface yang lebih mahal.

Harga. Terdapat beberapa audio interface yang memiliki range harga yang miring tetapi berkualitas yang sudah lebih dari cukup. Berikut list audio interface seperti Behringer U-PHORIA UMC404HD I/O: 4 input/4 output, Behringer U-PHORIA UMC202HD I/O: 2 input/2 output, dan Behringer U-PHORIA UMC204HD I/O: 2 input/4 output.

Menangin Soundcard Rekaman Dengan Cara Ikutan Lucky Fren di aplikasi Soundfren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *