Strategi dan Fungsi Menjadi Fotografer Band

Foto : Koleksi Jovy Akbar

Karena sesungguhnya fotografer band tidak sekadar memotret, tapi merekam sejarah perjalanan karir sebuah band/ musisi. 

Ya, harus diakui, kalau saat ini profesi fotografer panggung memainkan peranan penting dalam perjalanan bermusik suatu band atau musisi di industri musik. Karena bukan sekadar memotret, tapi lebih dari itu, seorang fotografer band bertugas sebagai perekam sejarah perjalanan karir sebuah band atau musisi.

Bahkan, hasil foto yang dihasilkan bisa digunakan oleh band atau musisi sebagai alat pembentukan citra serta menaikkan popularitas dan kredibilitas mereka. Lebih dalam lagi, dokumentasi musik ini bisa dijadikan bahan evaluasi, dan dijadikan referensi atau pembelajaran dari musisi lain. Kerenkan?

Karena begitu banyak manfaat dari pendokumentasian karya musik ini, jadi jangan heran kalau band-band besar selalu membawa official photograper masing-masing untuk mendokumentasikan mereka di atas panggung, di dalam studio, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa dipercaya jadi fotografer band?

Selain skill dan teknik memotret yang mumpuni, tentunya kita harus bisa membangun relasi yang baik dengan band. Untuk para fotografer panggung pemula yang ingin membangun relasi dengan band, kita bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram.

Misalnya kita datang ke gigs untuk memotret band yang main di sana, lalu hasil fotonya kita post di instagram dengan men-tag dan mention band tersebut. Jika foto kita emang keren, band tersebut pasti akan aware dan kemungkinan besar akan me-repost karya kita tersebut. Dengan begini, makin banyak orang yang melihat karya kita, dan kemungkinan diajak motret di gigs lainnya akan terbuka, hingga akhirnya dipercaya menjadi fotografer official band.

Itu cuma salah satu cara. Tentunya masih banyak tips dan trik lain yang bisa dilakukan untuk menjadi fotografer resmi band. Kalau ingin tau lebih lanjut, kamu bisa ikutan sesi Soundfren Connect bertajuk “Strategi dan Fungsi Menjadi Fotografer Band” yang berlangsung 29 November 2020 ini. 

Akan ada Jovy Akbar, fotografer @moccaofficial, yang bakalan bagi-bagi tips dan insight tentang bidang ini. Topik-topik penting seperti, apa saja tugas dan fungsi fotografer band, bagaimana proses kreatif fotografer band, sampai tips merancang portfolio dan membangun reputasi sebagai fotografer musik akan dikupas tuntas di sini.

Untuk ikutan sesi keren ini, kamu cukup mendaftar via aplikasi Soundfren dan membayar biaya keikutsertaan sebesar 35 ribu rupiah. Murah, meriah, dan pastinya bermanfaat. Ditunggu ya, Fren! (Erick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *