Promosi dan Publikasi Musik di Era Digital


Ilustrasi oleh dole777 (Unsplash)

Karena dengan sifatnya yang direct, personal, dan bisa terukur, social media merupakan salah satu tools yang paling simple dan efektif untuk promosi musik kita.

Saat kita musisi merilis sebuah karya atau melakukan sesuatu dalam perjalanan karirnya, melakukan aktivitas promosi dan publikasi adalah langkah berikutnya yang wajib untuk dilakukan demi mengenalkan band atau karya kita ke publik yang lebih luas. 

Hal ini penting, karena dengan promosi yang tepat dan efektif, karya kita akan bisa tersebar dengan maksimal dan bisa menemukan pendengar-pendengar baru di luar sana. Ya, karena sebagus apapun karya kita, kalau orang tidak tau, tentunya akan sayang banget kan, Fren?

Enaknya, di era digital ini, aktivitas promosi ini terbilang lebih mudah dan relatif murah. Kalau dulu harus mengandalkan media massa seperti TV, radio, koran, majalah, dan lain sebagainya, saat ini kita bisa melakukan promosi secara mandiri dengan cost yang minimal.

Caranya? Ya, apalagi kalau bukan lewat social media?

Yes, social media ini merupakan salah satu tools promosi yang paling simple dan efektif yang bisa kita manfaatkan saat ini. Karena dengan sifat social media yang direct, personal, dan bisa terukur, akan bisa menghemat biaya dan meminimalisir biaya promosi yang tidak perlu.

Dengan begini, sangat penting bagi kita untuk membangun dan menjaga citra kita di social media. Baik itu band ataupun akun pribadi personil band. Karena, dengan memiliki social media yang terjaga dan punya followers banyak, akan menjadi senjata kita untuk melakukan promo.

Untuk itu, kita harus memperhatikan dan menjaga agar konten-konten yang kita buat tetap berkualitas atau sesuai dengan audience kita. Karena biar bagaimanapun, kreativitas kita dalam membuat konten adalah kunci keberhasilan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuat konten sosial media untuk mempromosikan karya kita:

  1. Buat konten berkualitas

Perhatikan kualitas konten kita. Lebih baik memposting satu konten sehari namun berkualitas, ketimbang 3 konten sehari tetapi tidak bermakna. Karena audience kita akan lebih menyukai konten yang menarik dan berguna buat dirinya. Kualitas visual juga penting untuk dijaga, terutama jika kita bermain di instagram. 

  1. Ketahui target audience

Cari tau seperti apa target audience kita di social media. Dengan begini, kita akan bisa membuat konten yang sesuai dan disukai oleh mereka. Semua ini memang memerlukan konsep promosi yang berbeda dan teliti, tetapi hasilnya akan lebih maksimal.

  1. Sesuaikan dengan karakter social media

Setiap social media memiliki karakter user yang berbeda-beda. Instagram, twitter, Facebook, Youtube punya style audience yang berbeda, mulai dari gaya bahasa, prilaku mengonsumsi, dan lain sebagainya. Sebaiknya kita menyesuaikan konten kita dengan environment social media yang kita gunakan. 

Itu beberapa hal yang bisa kita perhatikan dalam pembuatan konten untuk promosi karya atau band kita. Selain itu, konsistensi dan tone yang jelas juga penting dalam membangun citra kita di sosial media.

Kalau penasaran dan ingin tau lebih dalam lagi mengenai langkah-langkah membuat konten promosi yang menarik, bagaimana me-maintain social media, membangun citra di social media, dan tips serta trik merebut atensi audience di social media, kamu wajib ikutan Soundfren Connect yang digelar 29 Oktober 2020 ini. Akan ada Iksal Rizqi Harizal

(Manager The Panturas, Polka Wars, Perunggu & Regina Gabriela) yang akan berbagi ilmu dan pengalaman terkait social media ini.

Hanya dengan 35 ribu rupiah, kamu bisa ikutan sesi ini dengan mendaftarkan diri via aplikasi Soundfren. Ingat, slotnya terbatas, jadi jangan sampai kehabisan yah, Fren. Langsung saja meluncur ke Soundfren, di mana semua kebutuhan bermusikmu dalam satu aplikasi. (Erick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *