Menjadi Calon Musisi Profesional

Fren, menjadi musisi profesional tentu saja adalah tentang bagaimana kita untuk nggak pernah berhenti belajar. Tapi, selain itu kamu juga patut mengetahui beberapa hal lainnya, lho.

  • Membuka Networking. Selain belajar, musisi pemula juga harus banyak mengikuti event dan festival. Mengapa? Untuk meningkatkan popularitas, manggung bukanlah satu-satunya cara yang bisa kamu coba. Relasi juga sangat penting bagi musisi pemula untuk mendapatkan dukungan dan kerjasama yang bahkan bisa meningkatkan popularitasmu secara lebih efektif!
  • Bertanggung Jawab. Tanggung jawab tersebut bukanlah semata-mata sikap kamu ke pekerjaanmu saja. Tapi juga mengarah ke tanggung jawab kepada pemerintah. Ambil saja contoh bayar pajak, setiap musisi harus rajin membayar pajak agar pemerintah semakin mudah memberikan hak-hak musisi yang sepantasnya.
  • Jujur Pada Diri Sendiri. Para musisi pemula harus jujur pada diri sendiri karena identitas musik adalah hal yang terpenting. Jadi, jangan mudah terombang-ambing arus. Jika kamu memang senang bermain musik dengan genre tertentu, tetaplah konsisten pada genre-mu!
  • Mendengarkan Suara Hati Fans. Menyesuaikan musik dengan selera fans tanpa harus menghilangkan identitas band adalah cara ideal untuk bertahan di bisnis musik. Selain itu, bagi kamu para musisi pemula juga bisa memulai dengan memberikan sentuhan-sentuhan inovatif pada musik kamu. Jika ingin menarik perhatian fans, pastikan juga kamu memberikan penawaran khusus agar fans pun tertarik untuk mengecek musik kamu.
  • Jangan Ada Kata Menyerah. Enggak pernah menyerah dan latihan mati-matian adalah poin penting untuk semua musisi. Jika band yang sudah dikenal saja mati-matian ketika latihan, maka kamu sebagai musisi pemula juga harus melatih diri sebaik mungkin dan nggak boleh menyerah.

Untuk para musisi pemula yang ingin melaju terus di dunia musik, pastikan juga kamu memperhatikan tips-tips di atas dan sering-sering share pengalaman bermusik kamu di Soundfren ya! Jangan ragu untuk minta pendapat tentang karya musikmu dari sesama pengguna Soundfren, karena kritik atau masukan yang kamu dapat akan sangat berguna untuk kelanjutan karir bermusikmu, Fren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *