Tips 101: Menulis Lagu

Fren, mau mulai menulis lagu buat gebetan? Nih, coba dulu tips dari mimin.

  • Tentukan Tema Lagu. Dalam membuat sebuah lagu, kalian harus menentukan dulu tema lagu yang akan dibuat. Kalo tiba-tiba nemu nada atau lirik, simpan di voice note dan notepad. Setelah itu, cari waktu senggang untuk membuat lagu-lagu mentah yang udah kalian catat dan tentukan arah tema lagunya.
  • Buat Kerangka Cerita. Membuat lagu itu sama seperti membuat rumah. Dibutuhkan pilar-pilar penyangga yang dapat menopang cerita dalam sebuah lagu. Maka dari itu, buatlah kerangka cerita lagunya untuk mendukung tema sebuah lagu.
  • Buat Judul yang Khas.
  • Dari kerangka ceritanya, kamu bisa menentukan judul. Judul lagu memegang peranan yang sangat penting. Judul lagu adalah momen pertama dimana kamu bisa memperlihatkan bahwa karya kamu beda dari yang lain. Saat pembuat lagu yang lain menggunakan judul yang “pasaran”, kamu muncul dengan judul yang khas sehingga langsung menarik perhatian calon pendengar.
  • Tulis Lirik, Pilih Kosakatanya. Disinilah kreativitas berperan. Disinilah kamu menunjukkan kenapa lagu kamu berbeda dari pembuat-pembuat lagu yang lain. Ada berbagai teknik yang bisa dilakukan untuk membuat lirik. Salah satunya adalah menggunakan peta pikiran atau mind map. Mind map ini sangat efektif, karena melatih otak berpikir luas saat mencari kata-kata yang tepat.
  • Gunakan Lirik Visual, Naratif, dan Deskriptif. Lirik visual (atau naratif/deskriptif) adalah lirik yang membuat pendengar bisa membayangkan lagu kamu seperti film: lengkap dengan adegan laga, cinta, dan drama yang menegangkan. Kalau kamu bisa menguasai sedikit saja lirik visual, itu akan membuat kamu jauh lebih mahir membuat lagu dibanding kebanyakan orang di luar sana yang bermalas-malasan tapi berharap lagunya akan dibeli orang atau artis major label. Karena itu, gunakanlah lirik visual! Ini adalah senjata ampuh yang dipakai artis kaliber internasional seperti Taylor Swift (yang menghasilkan lebih dari US$80 Juta selama 2018!), tapi jarang dipakai pembuat lagu dalam negeri.
  • Rapikan Lirik. Lirik yang sudah kamu buat sejauh ini belum tentu sudah selesai. Kamu selalu bisa membuatnya lebih baik. Ingat apa yang dikatakan The Edge, gitaris band U2:Lagu kami tidak pernah selesai; tapi selalu dirilis!”.
  • Istirahat.Ya, istirahat. Kalau sudah melakukan ke-6 langkah sebelumnya, sekarang break dulu. Lagu yang ngehits butuh waktu. Lagu yang hits butuh struktur. Walau pekerjaannya lebih berat, hasilnya jauh lebih memuaskan.

Buatlah lagu yang menyentuh hati mereka, baik itu membuat mereka menyalurkan kesedihannya yang paling tersembunyi, atau membangkitkan semangat mereka untuk menjadi tak terkalahkan. Karena lagu kamu mewakili cerita kehidupan mereka.

Udah kebayang mau bikin lagu apa, Fren? Kalo sudah beres kamu bisa loh share hasilnya dan minta masukan ke temen-temen di aplikasi Soundfren. Kamu bjsa posting lewat status dan lihat masukan dari sesama pengguna Soundfren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *