Tips Belajar Musik Secara Otodidak

Fren, zaman sekarang gampang banget kalo mau belajar memainkan alat musik secara otodidak. Salah satunya adalah melalui situs atau laman kursus musik gratis. Kalo kamu lebih suka belajar alat musik melalui apa nih, Fren?

  • Fokus pada satu alat musik terlebih dahulu
    • Adakalanya kita ingin belajar macam-macam alat musik dalam satu waktu tertentu, tetapi lebih baik pilih salah satu dahulu. Dengan fokus mempelajari salah satu alat musik, kamu bisa memanfaatkannya untuk menguasai alat musik tersebut. Ketika kita belajar banyak hal dalam satu waktu, tak jarang pikiran kita akan terkecoh dengan hal yang lain. Jadi lebih baik pilih dan fokus sama salah satu alat musik ya.
  • Kunjungi situs atau laman kursus musik gratis
    • Hampir semua yang kita perlukan dapat kita peroleh secara daring atau online. Kursus Musik memang mahal, tapi ada versi gratisannya kok! Misalnya video platform seperti YouTube juga terdapat banyak akun yang menyediakan kursus musik gratis secara daring. Kalian juga bisa cari referensi di Soundfren loh, Fren! Karena disana banyak para penggiat musik berkumpul dan mungkin bisa membantu kalian belajar musik secara otodidak.
  • Harap bersabar, ini belajar
    • Belajar bermain musik itu nggak sama kayak bikin mie instan lho! Semua ada proses dan tahapannya. Seperti di poin 2, lebih baik kalian pelajari dasar-dasar terlebih dahulu dalam belajar musik. Apabila mempelajari notasi balok terlalu susah, pelajari dahulu chord serta tangga nada dasar, tetapi tetap cobalah mempelajari notasi balok. Tidak perlu malu jika proses belajar kalian nggak cepat atau hanya belajar chord dan tangga nada saja.
  • Minta bantuan kepada teman yang bisa bermain musik
    • Jika kamu punya teman yang bisa main musik, jangan sungkan bertanya atau minta bantuan mereka untuk mengajar kamu bermain musik. Saling sharing pengalaman atau permasalahan kamu disaat kamu bermain musik akan membantumu mengerti bagaimana cara mengatasinya. Bagi orang yang berjiwa musik, umumnya akan senang membantumu belajar bermain alat musik. Tapi jangan lupa saat minta bantuan, mintalah dengan sopan ya. Kamu bisa cari teman berbagi lewat aplikasi Soundfren juga loh!
  • The more you learn, the more you know
    • Jika kamu memutuskan untuk belajar musik secara otodidak, pastikan kamu telah mengatur seberapa sering dan kapan saja kamu akan berlatih. Jika kursus tentunya kita akan mengikuti jadwal yang diberikan lembaga kursus/pelatih, berbeda dengan otodidak yang lebih fleksibel dan tergantung bagaimana kita mengatur jadwal kita berlatih. Lebih baik berlatih secara rutin, atur jadwal dan manfaatkan waktu-waktu senggang untuk kamu berlatih! Semakin sering kamu berlatih, kamu akan menemukan banyak hal baru yang akan menungkatkan kemampuan bermain musikmu.

Memilih kursus atau otodidak adalah pilihan. Tidak selamanya mengikuti kursus atau belajar otodidak itu buruk, dan tidak selamanya juga kedua cara tersebut baik. Ada baiknya tetap berjalan berdampingan. Apabila skill musik kamu sudah cukup bagus, atau setidaknya mengerti dasar musik, kamu bisa melanjutkan belajar lebih lagi dengan kursus musik supaya kamu lebih mengerti teknik-teknik lainnya yang mungkin tidak ditemukan di situs kursus online, atau tetap belajar sendiri secara otodidak itu merupakan pilihanmu. Selamat bermain musik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *